Tingkatkan Pelayanan, RS KH Daud Arif Kuala Tungkal Siapkan Duta Rumah Sakit Terlatih
KUALATUNGKAL – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan memudahkan pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, pihak Rumah Sakit KH Daud Arif Kualatungkal menyiapkan sejumlah pegawai honor dan tenaga kerja kontrak (TKK) dari ruangan umum dan pelayanan yang baru masuk dijadikan sebagai duta rumah sakit.
Sebelum para
Duta Rumah Sakit itu diterjunkan ke lapangan dalam rangka melayani pasien, maka
terlebih dahulu dilakukan pelatihan dan bimbingan selama seminggu.
Demikian
diungkapkan Direktur Rumah sakit KH Daud Arif Kualatungkal, dr Hamonangan
Sitompul kepada Radar Tanjab di Kualatungkal.
Dia mengungkapkan, tugas pokok dari duta-duta Rumah Sakit yang
dipersiapkan itu adalah, membantu dan memberikan kemudahan bagi setiap pasien
yang berobat ke rumah sakit.
‘’Kehadiran
Duta Rumah Sakit ini bisa meningkatkan pelayanan RS dalam rangka membantu pasien
yang datang berobat, ‘’ungkapnya.
Dijelaskan
mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjungjabung Barat, bahwa jumlah
pasien yang datang berobat ke RS sangat ramai. Rata-rata perhari mencapai 200
hingga 300 orang. Pasien yang datang berobat bukan hanya berasal dari Kota
Kualatungkal saja, melainkan ada yang datang dari berbagai desa di Kabupaten
Tanjungjabung Barat. Bahkan, dari kabupaten tetangga juga ada yang berobat ke
RS KH Daud Arif, seperti dari sebagian dari Kabupaten Tanjungjabung Timur .
‘’Umumnya
pasien baru yang berasal dari luar daerah ataupun dari Kabupaten Tanjungjabung
Barat ada belum paham dengan ruangan-ruangan pelayanan yang ada di Rumah Sakit.
Apakah mereka berobat pakai BPJS, Jampersal, Jamkesda. Maka dengan kehadiran
Duta Ruma Sakit inilah yang membantu dan mengantarkan pasien-pasien tersebut, ‘jelasnya.
Bagaimana
dengan petugas informasi?, dr Hamonangan mengaku, bahwa petugas dibagian
informasi itu tidak bisa sifatnya mobile (berpindah-pindah-red), melainkan petugas
informasi selalui stay di meja mereka. Sedangkan pasien ada yang belum tahu
dimana ruang apotik, pelayanan kartu BpJS, Jamkesda atau Jampersal. Maka, pihak
Duta Rumah Sakit inilah yang mengantar pasien tersebut.
‘’Kita
berjanji akan terus membenahi Rumah Sakit KH Daud Arif ini dengan meningkatkan
pelayanan, sehingga Rumah Sakit ini bisa menjadi icon Kabupaten Tanjungjabung
Barat. Dan bisa disejajarkan dengan Rumah Sakit yang ada di Provinsi Jambi, ‘’tukasnya
dengan nada optimis. (yasminsimamora/maria noprianti)
Posting Komentar